gif

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd.: PERS MERUPAKAN MITRA STRATEGIS BAGI PEMBANGUNAN DUNIA PENDIDIKAN

  • Home
  • Detail berita
images
  • 07 Desember 2021
  • By alfalxs

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd.: PERS MERUPAKAN MITRA STRATEGIS BAGI PEMBANGUNAN DUNIA PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan|| Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd. menegaskan  bahwa pers merupakan mitra strategis bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara dalam rangka pembangunan dunia pendidikan. Penegasan tersebut disampaikan Ilyas Sitorus saat menerima audensi Kepala Biro dan Wartawan Tabloid Polmas Poldasu Kabupaten Batu Bara, Selasa (07/12) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut mantan Karo Humas Pemprovsu itu menyatakan pers selain memiliki fungsi dan tugas sebagai sosial kontrol, ia juga mengemban tanggungjawab sebagai sosial building dan sosial  education, yang artinya pers juga harus berperan sebagai aktor pembangunan dan aktor pendidikan. Dalam konteks inilah sebut Ilyas ,  pers menjadi suatu keniscayaan bagi sebuah proses pembangunan, utamanya pembangunan di bidang pendidikan. "Untuk menyebarluaskan hasil hasil pembangunan pendidikan yang dilakukan pihaknya serta  untuk membentuk opini positif masyarakat akan arti pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa kita tentu sangat membutuhkan dukungan pers melalui pemberitaan yang disajikan", ucap Ilyas penuh harap.

Terkait dengan pemberitaan pers yang diinginkannya, Ilyas berpendapat berdasarkan kode etik dan Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pers hendaknya dalam membuat berita harus objektif, bertanggungjawab, bersifat edukatif dan konstruktif, check and balancing, serta bermanafaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Khusus untuk dunia pendidikan, Ilyas minta dalam membuat berita pers harus mempertimbangkan secara cermat faktor dampak positif dan negatifnya mengingat pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia sehingga harus terpercaya dan diminati oleh masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Ilyas juga minta apabila wartawan ada mendapatkan informasi atau menemukan data tentang adanya suatu masalah di Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara agar dapat dikordinasikan dan dikonsultasikan kepada pihaknya guna mendapatkan penyelesaian yang bersifat win win solution. "Pada prinsipnya kami terbuka menerima kritik dan saran dari rekan rekan pers demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Batu Bara", kata Ilyas mengakhiri penjelasannya.

Kepala Biro Tabloid Polmas Poldasu Kabupaten Batu Bara Suhairi, S.Sos., S.H. dalam audensi tersebut mengutarakan bahwa Tabloid Polmas Poldasu siap mendukung Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara dalam mengelola dan memajukan dunia pendidikan Kabupaten Batu Bara tentunya melalui penyajian berita berita yang berkualitas, profesional, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bagi Tabloid Polmas Poldasu, jelas Suhairi,  Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara merupakan mitra strategis dalam hal pemberitaan sehingga hubungan sinergis dan mutualis simbiosis perlu dibina dari sekarang.Diujung perbincangannya, Suhairi, S.Sos., S.H. yang pernah bekerja sebagai Tim Ahli DPRD Kabupaten Batu Bara dari Tahun 2009 s.d. 2015 mengucapkan terima kasih atas kesediaan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus menerima audensi awak media Tabloid Polmas Poldasu dengan sikap bersahaja, elegan, dan humanis.. "Selamat berjuang Pak Ilyas, semoga Allah SWT senantiasa melindungimu dan memberikan jalan kebenaran, Amin", ucap Suhairi mendoakan.